Sunday, July 27, 2008

Pagi Hari

Dingin rasa di pagi hari di kota Bandung, terlebih saat ini adalah musim kemarau. Di sebuah perempatan di kawasan Dago suhu menunjukkan pada angka 16 derajat Celcius. Walaupun saya tidak begitu yakin akan angka tersebut, tapi sudah lah agak sulit mendebatkan karena saya juga gak bawa alat ukur suhu saat itu.

Pada saat itu waktu sudah menunjukkan pada jam 07:13, artinya waktu sudah lama meninggalkan waktu shubuh, matahari pun sudah jelas menerangi kawasan kota Bandung.


Jika dilihat di langit, nampak langit biru bersih nan indah, tak ada awan sebersit pun. Sepertinya dari pagi ini hingga nanti malam tidak akan turun hujan.

Inilah kondisi kota Bandung di musim kemarau, saat pagi hari mulai dini hari hingga menjelang siang suhu sangat-sangat dingin, namun di saat siang, suhu sangat panas, terlebih sekitar pukul 13.00, saya belum bisa menunjukkan sampai berapa derajat suhu panasnya kota Bandung.

Tidak semua orang bisa tahan dengan kondisi seperti ini, dimana interval suhu yang begitu lebar, menyebabkan beberapa orang rentan akan penyakit, seperti flu, batuk, pilek, bibir pecah, kulit kering dsb. Sehingga tidak sedikit pula orang yang mengeluh dengan kondisi semacam ini.

Yaah, namanya juga manusia, tat kala Allah SWT memberikan kondisi semacam ini, kepicikan berpikir inilah yang akhirnya menyebabkan orang sering berkeluh kesah, tanpa mengoptimalkan potensi berpikirnya, sehingga yang nampak hanya menyalahkan dan menyalahkan keadaan, tanpa tahu apa penyebabnya dan sama sekali buta akan solusi pemecahkan persoalan ini. Padahal Allah SWT sudah memberikan guidance bagi manusia berupa Al Qur'an dan As Sunnah, ...

Ya Rabb, ampunilah hamba dan saudara-saudara hamba yang picik ini, berikan hamba dan saudara-saudara hamba, kemudahan untuk selalu berada dalam guidance-Mu. Amiin.

No comments: